Sejarah
Mural pertama kali ditemukan seperti lukisan di Gua Chauvet di departemen Ardèche selatan Perancis (sekitar 30.000 SM). Banyak mural kuno dapat ditemukan dalam kuburan Mesir (sekitar 3150 SM), [1] di istana-istana Minoan ( periodeTengah III, periode Neopalatial, 1700-1600 SM) dan di Pompeii (sekitar 100 SM - AD 79).
Di zaman modern, istilah ini menjadi lebih terkenal misalnya, di Meksiko muralista "gerakan seni" ( Diego Rivera , David Siqueiros , atau Jose Orozco ). Ada berbagai gaya dan teknik. Yang paling terkenal mungkin fresco , yang menggunakan-larut cat air dengan mencuci kapur lembab, penggunaan yang cepat dari campuran yang dihasilkan di atas permukaan yang besar, dan sering pada bagian (tetapi dengan rasa keseluruhan). Warna akan meringankan saat kering. Metode marouflage juga telah digunakan selama ribuan tahun.
Mural saat ini dibuat dalam berbagai cara, menggunakan minyak atau media berbasis air. Tipe atau gaya dapat bervariasi dari abstrak ke trompe-l'œil (istilah Perancis untuk "bodoh" atau "trik mata"). Diprakarsai oleh karya-karya seniman mural seperti Graham Karat atau Rainer Maria Latzke pada 1980-an, trompe-l'œil lukisan telah mengalami kebangkitan di gedung-gedung swasta dan publik di Eropa. Saat ini, keindahan mural dinding telah menjadi jauh lebih banyak tersedia dengan berbagai teknik atau fotografi gambar lukisan akan dipindahkan ke kertas poster atau kanvas yang kemudian disisipkan ke permukaan dinding (lihat wallpaper , Frescography ) untuk memberikan efek baik mural tangan dicat atau dibuat berdasarkan adegan realistis.
Teknik Mural
Sebuah Fresco lukisan, dari Italia affresco kata yang berasal dari lukisan kata sifat ("segar"), menggambarkan suatu metode, dimana cat diterapkan pada plester pada dinding atau langit-langit. The fresco Buon teknik terdiri dari melukis di pigmen dicampur dengan air pada lapisan tipis basah, segar, mortar kapur atau plester . Pigmen tersebut kemudian diserap oleh plester basah, setelah beberapa jam, plester mengering dan bereaksi dengan udara: itu adalah reaksi kimia yang perbaikan partikel pigmen di plester. Setelah itu lukisan akan tetap bertahan untuk waktu yang lama sampai berabad-abad dalam warna yang masih segar dan cemerlang.
" Sebuah Secco "lukisan dilakukan pada plester kering (Secco adalah" kering "dalam bahasa Italia). Pigmen sehingga membutuhkan media yang mengikat, seperti telur ( tempera , lem) atau minyak untuk melampirkan pigmen ke dinding.
"Mezzo-fresco", dilukis pada plester hampir-kering, yang didefinisikan oleh penulis Ignazio abad keenam belas-Pozzo sebagai "cukup kuat untuk tidak mengambil thumb-print", sehingga pigmen hanya sedikit menembus ke dalam plester. Pada akhir abad keenam belas ini sebagian besar telah mengikuti metode lukisan Buon, dan digunakan oleh pelukis seperti Gianbattista Tiepolo atau Michelangelo . Teknik ini memiliki, dalam bentuk pengurangan, keuntungan dari suatu karya Secco.
Material Material
Dalam Yunani-Romawi kali, kebanyakan encaustic warna tanah di lelehan lilin atau resin binder dan diterapkan dalam keadaan panas digunakan.
Tempera lukisan adalah salah satu metode yang tertua dalam lukisan mural. Dalam tempera, pigmen terikat dalam media albuminous seperti kuning telur atau putih telur dilarutkan dalam air.
Pada abad ke-16 Eropa, lukisan cat minyak di atas kanvas muncul sebagai metode yang lebih mudah untuk melukis mural. Keuntungannya adalah bahwa karya seni bisa diselesaikan di studio artis dan kemudian diangkut ke tujuannya dan ada melekat pada dinding atau langit-langit. Minyak cat dapat dikatakan menjadi media memuaskan setidaknya untuk mural karena kurangnya kecemerlangan warna. Juga pigmen yang menguning oleh pengikat atau lebih mudah dipengaruhi oleh kondisi atmosfer. Kanvas sendiri lebih tunduk pada penurunan cepat maka tanah plester.
Teknik Modern Mural
Muralists berbeda cenderung menjadi ahli dalam medium pilihan mereka dan aplikasi, apakah yang menjadi minyak cat, emulsi atau cat akrilik yang diterapkan oleh kuas, roller atau airbrush / aerosol.Klien sering akan meminta gaya tertentu dan artis bisa menyesuaikan diri dengan teknik yang tepat.
Konsultasi biasanya mengarah ke desain rinci dan tata letak mural yang diusulkan dengan penawaran harga yang klien menyetujui sebelum muralist dimulai pada pekerjaan. Area yang akan dicat bisa grid untuk mencocokkan desain memungkinkan gambar yang akan skala akurat langkah demi langkah. Dalam beberapa kasus desain diproyeksikan langsung ke dinding dan dijiplak dengan pensil sebelum lukisan dimulai. Beberapa muralists akan melukis langsung tanpa membuat sketsa terlebih dahulu, lebih memilih teknik spontan.
Setelah selesai mural dapat diberikan lapis akrilik pernis atau pelindung glasir untuk melindungi pekerjaan dari sinar UV dan kerusakan permukaan.
Sebagai alternatif untuk mural tangan dicat atau airbrushed, cetak digital mural juga dapat diterapkan ke permukaan. Mural Sudah ada dapat difoto dan kemudian direproduksi dalam kualitas dekat-ke-asli.
Kelemahan dari mural pra-fabrikasi dan decals adalah bahwa mereka sering diproduksi secara massal dan kurangnya daya tarik dan eksklusifitas sebuah karya seni yang asli. Mereka sering tidak dipasang pada dinding ukuran individu klien dan ide-ide pribadi mereka atau keinginan tidak dapat ditambahkan ke mural seperti yang berlangsung.The Frescography teknik, metode manufaktur digital ( CAM ) diciptakan oleh Rainer Maria Latzke alamat beberapa dan ukuran pembatasan personalisasi.
Sebuah "wallscape" adalah sebuah iklan besar pada atau melekat pada dinding luar bangunan. Wallscapes bisa dicat langsung di dinding sebagai mural, atau dicetak pada vinyl dan aman melekat pada dinding dengan cara sebuah billboard .Meskipun tidak secara tegas digolongkan sebagai mural, media cetak skala besar sering disebut seperti itu.Mural Iklan secara tradisional dicat ke bangunan dan toko oleh tanda-penulis, kemudian sebagai poster skala besar billboard .
Pentingnya Mural
Mural kadang-kadang dibuat melawan hukum, atau telah ditugaskan oleh bar lokal dan coffeeshops. Seringkali, efek visual merupakan daya tarik untuk menarik perhatian publik terhadap isu-isu sosial.Disponsori publik seni ekspresi-Negara, khususnya mural, sering digunakan oleh totaliter rezim sebagai alat kontrol massa dan propaganda. Namun, meskipun karakter propagandis dari yang bekerja, sebagian dari mereka masih memiliki nilai seni.
Mural dapat memiliki dampak yang dramatis secara sadar atau tidak sadar pada sikap orang lewat oleh, ketika mereka ditambahkan ke daerah-daerah dimana orang tinggal dan bekerja.Hal ini juga dapat dikatakan bahwa keberadaan besar, mural publik dapat menambahkan perbaikan estetika kehidupan sehari-hari penduduk.
Dunia mural yang terkenal dapat ditemukan di Meksiko , New York , Philadelphia , Belfast , Derry , Los Angeles , Nikaragua , Kuba dan di India . [1] Mereka telah berfungsi sebagai sarana penting komunikasi bagi anggota sosial, etnis dan ras dibagi masyarakat di masa konflik. Mereka juga terbukti menjadi alat yang efektif dalam membangun dialog dan pemecahan maka perpecahan dalam jangka panjang. Lukisan mural Kerala ini berada di dinding Hindu candi . They can be dated from 9th century AD. Mereka dapat tanggal dari abad ke-9 Masehi.
Mural The San Bartolo dari peradaban Maya di Guatemala , adalah contoh tertua dari seni di Mesoamerika dan tanggal pada 300 SM.
Banyak kota-kota pedesaan mulai menggunakan mural untuk menciptakan tempat-tempat wisata dalam rangka meningkatkan pendapatan ekonomi. Colquitt, Georgia adalah salah satu kota tersebut. Colquitt dipilih menjadi tuan rumah Konferensi 2010 Global Mural. Kota ini memiliki lebih dari dua belas mural selesai, dan akan menjadi tuan rumah Konferensi bersama dengan Dothan, Alabama , dan Blakely, Georgia . Pada musim panas tahun 2010, Colquitt akan mulai bekerja pada mereka Icon Mural.
Gerakan mural Meksiko yang terkenal pada 1930-an membawa keunggulan baru untuk mural sebagai alat sosial dan politik. Diego Rivera , José Orozco dan David Siqueiros adalah seniman yang paling terkenal dari gerakan. Antara 1932 dan 1940, Rivera juga melukis mural di San Francisco , Detroit , dan New York City . " Pada tahun 1933 ia menyelesaikan serangkaian terkenal 27 panel lukisan berjudul Detroit Industri di dinding sebuah pelataran dalam di Detroit Institute of Arts . [2] Selama McCarthyisme tahun 1950-an, sebuah tanda besar ditempatkan di halaman membela bernilai seni dari mural saat menyerang politik sebagai "menjijikkan."
Pada tahun 1948 Pemerintah Kolombia tuan rumah Pan-Amerika IX Konferensi untuk mendirikan rencana Marshall untuk Amerika. Direktur dari OEA dan pemerintah Kolombia menugaskan Guru Santiago Martinez Delgado , untuk melukis mural di gedung kongres Kolombia untuk memperingati acara tersebut.Martinez memutuskan untuk membuat itu tentang Kongres Cucuta, dan dicat Bolivar di depan Santander, membuat marah kaum liberal, maka, karena pembunuhan Jorge Elieser Gaitan massa el bogotazo mencoba untuk membakar gedung DPR, tapi Angkatan Darat Kolombia menghentikan mereka. Bertahun-tahun kemudian, pada 1980-an, dengan liberal yang bertanggung jawab atas kongres, mereka melewati sebuah resolusi untuk menghidupkan seluruh ruang di Ruang Elliptic 90 derajat untuk menempatkan mural utama di samping dan ditugaskan Alejandro Obregon untuk melukis mural-partisan non yang surealis gaya.
Banyak mural berfungsi sebagai pengumuman pelayanan publik suatu kepentingan khusus, terutama untuk topik-topik politik seperti jenis kelamin, orientasi seksual, agama dan intoleransi. Hampir 2.000 mural telah didokumentasikan di Irlandia Utara sejak tahun 1970-an. (Lihat mural Irlandia Utara .)Mural yang tak berpolitik, namun mural terkait sosial meliputi dinding di sebuah bangunan tua, sekali penjara, di bagian atas tebing di Bardiyah, di Libya. Itu dicat dan ditandatangani oleh seniman pada April 1942, beberapa minggu sebelum kematiannya pada hari pertama Pertempuran El Alamein Pertama .Dikenal sebagai Mural Bardia , diciptakan oleh seniman Inggris, Swasta John Frederick Brill . [3]
Pada tahun 1961 Jerman Timur mulai mendirikan sebuah dinding antara Timur dan Berlin Barat , yang menjadi terkenal sebagai Tembok Berlin .Sementara di sisi lukisan Berlin Timur tidak diizinkan, seniman dicat di sisi barat Tembok dari tahun 80-an sampai jatuhnya Tembok pada tahun 1989.
Seniman yang telah diketahui/ dikenal seperti Thierry Noir dan Keith Haring dicat di Tembok, terpanjang di "Dunia kanvas ". Karya seni kadang rinci sering dicat selama dalam waktu beberapa jam atau hari. Di sisi Barat Tembok tidak dilindungi, sehingga semua orang bisa melukis di Tembok.Setelah jatuhnya Tembok Berlin pada tahun 1989 sisi Timur Tembok juga menjadi "populer" kanvas untuk banyak mural dan grafiti seniman.
Banyak orang ingin mengekspresikan kepribadian mereka dengan komisioning seorang seniman untuk melukis mural di rumah mereka, ini bukan merupakan kegiatan eksklusif bagi pemilik rumah besar. Seorang seniman mural hanya dibatasi oleh biaya dan oleh karena itu waktu yang dihabiskan di lukisan, mendikte tingkat rincian, sebuah mural sederhana dapat ditambahkan ke terkecil dinding.
Komisi Swasta bisa untuk ruang makan, kamar mandi, ruang keluarga atau, seperti yang sering terjadi-kamar tidur anak-anak. Kamar seorang anak dapat berubah menjadi 'dunia fantasi' dari sebuah hutan atau trek balap , mendorong bermain imajinatif dan kesadaran seni.
Tren saat ini dinding fitur telah meningkat komisi untuk muralists di Inggris. Sebuah mural yang dilukis dengan tangan yang besar dapat dirancang pada tema tertentu, memasukkan foto pribadi dan unsur-unsur dan dapat diubah selama lukisan itu. Interaksi pribadi antara klien dan muralist sering merupakan pengalaman yang unik bagi seorang individu biasanya tidak terlibat dalam seni.
Komisi Umum mural di sekolah-sekolah, rumah sakit dan rumah-rumah pensiun dapat mencapai suasana yang menyenangkan dan ramah dalam lembaga-lembaga peduli.
Pada 1980-an, lukisan dinding ilusi mengalami kebangkitan di rumah pribadi. Alasan untuk ini kebangkitan dalam desain interior bisa, dalam beberapa kasus dikaitkan dengan pengurangan ruang hidup bagi individu. Faux fitur arsitektur serta pemandangan alam dan pemandangan dapat memiliki efek 'membuka diri' dinding.Ketel daerah membangun perumahan juga dapat menyebabkan perasaan orang menjadi terputus dari alam dalam bentuk gratis. Sebuah komisi mural semacam ini mungkin suatu usaha oleh beberapa orang untuk membangun kembali keseimbangan dengan alam.
Gaya grafiti mural
Baru-baru ini, grafiti dan seni jalanan telah memainkan peran penting dalam lukisan dinding kontemporer. Grafiti seperti / jalan seniman sebagai Keith Haring , Shepard Fairey , Mint & budak , Futura 2000 , Os Gemeos , dan Faile antara lain telah berhasil melampaui estetika seni mereka jalan di luar dinding lansekap kota dan ke dinding dan korporasi klien swasta. Seperti grafiti / seni jalanan menjadi aliran yang lebih utama di akhir 1990-an, pemuda yang berorientasi merek seperti Nike, Red Bull dan Wieden Kennedy telah berpaling ke grafiti / seniman jalanan untuk menghiasi dinding kantor masing-masing. Kecenderungan ini berlanjut hingga tahun 2000 dengan grafiti / seni jalanan memperoleh pengakuan lebih dari institusi seni di seluruh dunia.
Tile Mural
Tile tile lukisan mural, yang meliputi dinding lengkap dan memberi kesan seperti lukisan dinding. Tile mural biasanya ditemukan di negara-negara sekitar Laut Mediterania seperti Maroko , Tunisia dan negara-negara Arab, di Portugal dan Spanyol terutama dalam bentuk berwarna monochrom sering, Azulejo .
Azulejo (Portugis pengucapan: [ɐzuleʒu] , pengucapan Spanyol: [aθulexo] ) merujuk kepada bentuk khas Portugis atau Spanyol dicat, timah-berlapis , keramik tilework . Mereka telah menjadi aspek khas budaya Portugis , yang menyatakan tanpa gangguan selama lima abad tren berturut-turut dalam seni.
Azulejos dapat ditemukan di dalam dan di luar gereja , istana , rumah-rumah biasa dan bahkan stasiun kereta atau stasiun kereta bawah tanah . Mereka tidak hanya digunakan sebagai seni hias bentuk, tetapi juga memiliki kapasitas fungsional tertentu seperti kontrol suhu di rumah-rumah. Banyak aspek utama azulejos kronik sejarah dan budaya sejarah Portugis .