Help/Support
Like
Contact
SENI ABSTRAK

SENI ABSTRAK

Lukisan Abstrak dari Dandan SA, diambil dari http://dandansa.wordpress.com/

Lukisan abstrak ini diambil dari www.gugahjanari.blogspot.com
SENI ABSTRAK

Seni abstrak adalah salah satu jenis kesenian kontemporer yang tidak menggambarkan obyek dalam dunia asli, tetapi menggunakan warna dan bentuk dalam cara non-representasional. Pada awal abad ke-20, istilah ini lebih digunakan untuk mendeskripsikan seni seperi kubisme dan seni futuristik.

Memahami Lukisan Abstrak
Lukisan abstrak sering menimbulkan pertanyaan di kalangan masyarakat kebanyakan.

Lukisan apa ini? Kok tidak ada bentuknya? Seperti corat-coret saja! Lukisan seperti ini sulit dipahami. Pernyataan seperti itu sering terlontar ketika seseorang berhadapan dengan lukisan abstrak.

Karena tidak mengemukakan sesuatu yang kongkrit, lukisan abstrak terkesan sulit dimengerti. Hanya orang-orang tertentu saja yang menyukai lukisan jenis ini. Kesannya, lukisan abtrak menjadi karya seni kaum elit dan hanya dipahami kaum intelek saja. Padahal sebenarnya tidak sulit memahami lukisan abstrak.

Sekilas Seni Abstrak

Louis Fichner dalam Understanding Art (1995) menyatakan, seni abstrak merupakan penyederhanaan atau pendistorsian bentuk-bentuk, sehingga hanya berupa esensinya saja dari bentuk alam atau objek yang diabstraksikan. Abstraksi, mengubah secara signifikan objek-objek sehingga menjadi esensinya saja.

Seni abstrak diciptakan melalui dua pendekatan. Pertama, seni abstrak diciptakan tanpa merujuk secara langsung pada bentuk-bentuk eksternal atau realitas. Ke dua, seni abstrak berupa citraan-citraan yang diabstraksikan yang berasal dari alam. Seni abstrak diciptakan melalui proses mengubah atau menyederhanakan bentuk-bentuk menjadi bentuk geometrik atau biomorfik. Seni abstrak juga dapat diciptakan dalam bentuk ekspresif.

Istilah nonobjective dahulu digunakan untuk mendeskripsikan jenis-jenis seni abstrak tertentu. Istilah ini kemudian ditinggalkan oleh para kritikus kontemporer dan para sejarawan. Mereka lebih memilih istilah seni abstrak daripada seni nonobjective. Seni abstrak muncul pada abad 20 dalam seni rupa Barat, sebagai seni avant-garde.

Lukisan abstrak berupa abstraksi pohon dibuat oleh pelukis Piet Mondrian. Pelukis ini menciptakan lukisan abstrak melalui beberapa tahapan. Pertama, pohon digambar tampak seperti mata memandang. Kemudian pohon digambar berdasarkan esensinya saja, yaitu struktur garisnya.

Lukisan abstrak lainnya, lukisan ekspresionis karya Jackson Pollock, merupakan ekspresi murni pelukis tanpa merujuk pada objek-objek alam. Lukisan abstrak ini diciptakan berdasarkan intuisi pelukis. Cat warna-warni di tuangkan pada permukaan kanvas, sehingga membentuk komposisi-komposisi tertentu.

Ibarat Mendengar Musik Instrumental

Wassily Kandinsky pelukis ternama Rusia, menyatakan, lukisan abstrak itu ada kemiripan dengan musik. Memahami lukisan abstrak bisa diibaratkan seperti kita mendengarkan musik instrumental. Kita bisa merasakan keindahan nada-nada musik itu tanpa harus dibebani dengan muatan-muatan verbal.

Semua unsur estetika dikembalikan pada bentuknya yang paling murni. Pada musik, semua unsur nada mewakili nada itu sendiri. Pada senilukis, warna mewakili warna, garis mewakili garis, demikian pula dengan unsur-unsur visual lainnya. Pada lukisan abstrak, unsur-unsur visual tidak digunakan untuk merepresentasikan objek-objek tertentu.

Pada lukisan abstrak, unsur-unsur visual disusun sedemikian rupa, sehingga menyampaikan pesan atau kesan tertentu. Unsur-unsur visual ini sendiri memiliki karakter dan makna-makna simbolik. Karakter dan makna simbolik unsur-unsur visual dapat menyiratkan makna tertentu yang diinginkan pelukis.

Jika pada musik instrumental orang bisa merasakan nada-nada senang, sedih, semangat dan sebagainya. Demikian pula dengan lukisan. Komposisi unsur-unsur visual bisa menunjukkan hal yang sama. Kesan kalem, tenang, tegas, berani, optimis dan sebagainya dapat diciptakan melalui komposisi unsur-unsur visual.

Klasifikasi warna

Lukisan abstrak dapat dianalisis berdasarkan klasifikasi warnanya. Warna dapat diklasifikasian dalam beberapa kelompok, yaitu warna panas, dingin, harmonis, monokromatis, kontras dan netral. Warna panas terdiri dari unsur-unsur warna merah, kuning dan oranye. Warna dingin terdiri dari unsur-unsur warna hijau, hijau muda, dan biru.

Warna harmonis terdiri dari unsur-unsur warna berdekatan dalam lingkaran warna. Contohnya warna biru, hijau dan hijau muda. Atau warna merah, oranye dan kuning.

Warna monokromatis, warna yang disusun berdasarkan warna senada. Warna senada dibuat dengan menambahkan warna putih atau hitam. Warna biru bila ditambahkan warna putih akan menjadi biru terang. Semakin banyak warna putih ditambahkan, warna biru akan tampak semakin terang. Dengan cara seperti ini warna biru terang bisa dibuat menjadi beberapa tingkatan. Jika disusun dalam bidang gambar warna ini menjadi warna monokromatis biru.

Jika ditambahkan warna hitam, warna biru akan menjadi biru gelap. Semakin banyak warna hitam ditambahkan, warna biru akan semakin gelap. Dengan cara ini pula warna biru gelap bisa dibuat beberapa tingkatan. Jika disusun dalam bidang gambar, menjadi susunan warna biru monokromatis.

Warna kontras terdiri dari unsur-unsur warna yang saling bertentangan. Warna hitam dan warna putih adalah kontras karena sangat bertentangan. Warna kuning dengan ungu juga kontras. Demikian pula warna merah dengan hijau. Warna kontras adalah warna-warna yang sangat bertentangan. Dalam lingkaran warna, posisi warna kontras saling berhadapan.

Karakter warna

Lukisan abstrak juga dapat dianalisis berdasarkan karakter warnanya. Karakter warna, kesan yang ditimbulkan oleh warna. Warna kuning, oranye dan merah memberi kesan warna hangat, gembira, semangat, berani dan sebagainya. Warna biru, hijau dan hijau muda memberi kesan sejuk, tenang, nyaman, dan sebagainya. Warna hitam, putih, dan abu-abu adalah warna netral.
Karakter Garis dan Tekstur
Lukisan abstrak juga dapat dianalisis berdasarkan karakter garis dan teksturnya. Garis dan tekstur memiliki karakter tertentu. Garis meliuk terkesan gemulai, lembut dan lunak. Garis lurus dan menikung tajam terkesan kaku, tegas dan keras. Demikian pula dengan tekstur, permukaan tekstur lukisan menyampaikan karakter tertentu. Tekstur halus memberikan kesan lembut dan nyaman. Sedangkan tekstur kasar manyampaikan kesan sebaliknya, keras dan tidak nyaman.

Komposisi

Lukisan abstrak juga dapat dianalisis komposisinya. Komposisi lukisan dapat diciptakan dengan berbagai cara. Pertama, komposisi balans simetris. Pada komposisi ini unsur-unsur visual lukisan disusun seimbang secara simetris. Kedua, komposisi balans asimetris. Pada komposisi ini, susunan unsur-unsur visual lukisan disusun seimbang namun tidak simetris.

Makna Simbolik

Lukisan abstrak juga dapat dianalisis berdasarkan warna simboliknya. Warna simbolik menyampaikan pesan-pesan atau kesan-kesan tertentu berdasarkan karakter warna. Warna sebagai simbol dipergunakan atas dasar konvensi, atau suatu kebiasaan yang berlaku umum.

Mawar merah dapat diartikan sebagai lambang cinta. Berdasarkan karakternya, warna merah terkesan semangat, berani, hangat, bahagia, dan optimis. Seorang pemuda yang memberikan setangkai mawar merah pada gadis pujaannya, dapat diartikan pemuda itu menyatakan cinta pada si gadis. Karakter warna merah dapat dianggap mewakili perasaan pemuda itu.

Warna hitam sering dipergunakan untuk menyatakan dukacita. Berdasarkan karakternya, warna hitam terkesan gelap, misterius, murung, sedih dan tenang. Pada upacara pemakaman biasanya orang mengenakan busana warna hitam sebagai pernyataan duka cita.

Demikian pula dengan warna-warna lainnya. Setiap warna memiliki karakter dan makna-makna simbolik tertentu. Warna hijau misalnya, banyak dipergunakan untuk simbol lingkungan hidup. Warna ini memiliki karakter sejuk, dingin, segar, tenang, dan nyaman. Warna hijau memberikan kesan kehidupan.

Warna kuning banyak dimanfaatkan untuk upacara-upacara gemerlap dan mewah. Warna kuning mengesankan kemegahan. Warna putih banyak dipergunakan untuk upacara-upacara sakral. Warna putih mengesankan bersih dan suci.
Pada lukisan abstrak, seorang pelukis memilih warna-warna berdasarkan pertimbangan-pertimbangan tertentu. Pilihan-pilihan warna berdasarkan pada karakter dan makna-makna simbolik warna itu sendiri. Seorang pelukis abstrak tidak asal saja menaruh warna-warna pada kanvas.

Menikmati Lukisan Abstrak

Menikmati lukisan abstrak dapat dilakukan dengan cara melihat keharmonisan susunan unsur-unsur visualnya. Unsur-unsur visual berupa komposisi, warna, garis, dan tekstur lukisan menciptakan kesan dan pesan tertentu. Setiap orang berhak menafsirkan lukisan abstrak sesuai dengan latar belakang pengalamannya. Karena lukisan adalah tanda visual multi interpretasi.
Artikel ini diambil dari http://balinesepaint.blogspot.com/
Like
ccc

Add to Cart

3DCreative Magazine Issue 080 April 2012

3DCreative Magazine Issue 080 April 2012

3DCreative Magazine Issue 080 April 2012

3DCreative Magazine Issue 080 April 2012

English | PDF | 79 Page | 271MB
Download : Click Here
Like
ccc

Add to Cart

GAMBAR MODEL KARYA KIMIANTO

GAMBAR MODEL KARYA KIMIANTO

MODEL I, karya Kimianto, 2012, media pensil warna pada kertas quarto, teknik arsir.

MODEL II, karya Kimianto, 2012, media pensil warna pada kertas quarto, teknik arsir.

MODEL III, karya Kimianto, 2012, media pensil warna pada kertas quarto, teknik arsir.

MODEL IV, karya Kimianto, 2012, media pensil warna pada kertas quarto, teknik arsir.

MODEL V, karya Kimianto, 2012, media pensil warna pada kertas quarto, teknik arsir.

MODEL VI, karya Kimianto, 2012, media pensil warna pada kertas quarto, teknik arsir.
Like
ccc

Add to Cart

2DArtist Magazine Issue 75 March 2012

2DArtist Magazine Issue 75 March 2012

2Dartist Magazine March 2012
Sekarang saya mau share majalah Senirupa di bidang design graphic yaitu 2Dartist Magazine issue 75 Maret 2012, sebenarnya issue 76 April juga sudah keluar,.. tapi belum sempat share gan. Majalah 2DArtist magazine ini sebenarnya berbayar, tapi dasar blog ini hanya sebagai tempat sharing dan berbagi kebetulan saya dapat link download dari server tetangga,. silahkan di sedot gan mumpun gretongan, hehheee,

Editorial :

Ada tutorial besar begitu banyak di majalah bulan ini bahwa sulit untuk mengetahui di mana untuk memulai editorial, tapi kami akan mulai dengan mengubah perhatian kita dengan gambar cover menakjubkan oleh Carlos Cabrera. Saya berharap bahwa Anda menikmati menonton bagaimana dua seniman mengatasi singkat yang sama. Hal ini menarik untuk melihat bagaimana beberapa fitur yang serupa dan lainnya sama sekali berbeda, dan di majalah ini kita melihat lebih berbeda dari yang sama. Simon Dominic dan Carlos melihat Cabrera pada makhluk menyeramkan yang disebut hidebehind dalam masalah ini dan desain sampul, komposisi dan teknik melukis ketika mereka berbicara kita melalui penciptaan gambar brilian mereka.

2Dartist Magazine Marc - April 2012

Pada subjek menyeramkan, kita mengucapkan selamat tinggal kepada baik seri Blaz Porenta yang Menggambarkan Fairy Tales dengan bab meliputi bagaimana ia membawa kisah Hansel dan Gretel hidup. Kami benar-benar berterima kasih atas semua kerja keras Blaz telah dimasukkan ke dalam menciptakan gambar yang mengagumkan dan berharap untuk bekerja dengan dia lagi di masa depan. Menantikan untuk seri baru kami, datang pada bulan April, di mana kita melihat menciptakan versi Manga pemimpin bersejarah klasik, termasuk Khan Genghis besar dan ratu Mesir, Cleopatra.

Dalam edisi bulan lalu kami memulai seri baru kami Droids, dan dalam edisi ini kami terus dengan melihat bagaimana merancang dan melukis Droid Recon. Alexander Iglesias kembali lagi dan berbicara kita melalui kecintaannya droid dan mechs, serta menunjukkan pendekatan untuk berurusan dengan subjek ini menakjubkan.

Seri baru kami bulan ini sedikit berbeda dengan apa yang mungkin akan digunakan dalam majalah kami. Jama Jurabaev adalah kontributor tetap untuk 2DArtist, tetapi dalam seri empat bagian, ia akan menunjukkan sesuatu yang baru dengan menunjukkan kepada kita bagaimana untuk membuat animasi yang menakjubkan menggunakan lukisan, live-action footage dan teknik compositing. Saya sangat menyarankan agar anda melihat di video tutorial untuk melihat hasil yang luar biasa Anda dapat mencapai menggunakan teknik ini.

Juga dalam masalah ini kita fitur lain Pembuatan oleh Lovadina Markus luar biasa berbakat, wawancara dengan artis Clint baik Cearley dan sketsa yang memberi kita wawasan ke dalam pikiran kreatif Tyson Murphy. Seolah-olah ini tidak cukup, kita juga punya sebuah galeri top-notch menampilkan karya oleh Levente Petterfy, Andrei Pervukhin, Francesco Corvino dan lebih banyak seniman berbakat.

CONTENT :

Interview: Clint Cearley
Article: The sketchbook of Tyson Murphy
Gallery: 10 of the best 2D artworks
Tutorial series: Illustrating Fairy Tales - Hansel and Gretel - Blaz Porenta
Tutorial series: Dreamscape - Concepts and Storyboards - Jama Jurabaev
Tutorial series: Designing Droids - Repair Droid - Alexander Iglesias
Tutorial series: Painting Creatures from Mythology - Hidebehind - Carlos Cabrera and Simon Dominic
Making Of: The Meeting – Markus Lovadina
Promotion: Digital Art Masters: V6 – Free book chapter promotion

Magazine Detail :

Title : 2DArtist Magazine Issue 75 March 2012
Publisher : http://www.2dartistmag.com/issues_2012/march/main.html
Type File : pdf
Jumlah Halaman : 86 page
Besar file : 308 MB
Free Download: Click Here
Pasword : Paceko


Like
ccc

Add to Cart