Help/Support
Like
Contact

28 Karya Lukisan Tarian Bali yang Artistik

28 Karya Lukisan Tarian Bali yang Artistik
28 Karya Lukisan yang kami bagikan kali ini semuanya bertema tentang tarian Bali. Kita semua mengetahui bahwa salah satu tempat bermukimnya banyak para seniman lukis adalah daerah Bali yang merupakan daerah wisata yang sudah sangat terkenal sampai ke mancanegara, bahkan banyak seniman lukis yang sengaja datang ke Bali dan kemudian membangun galeri atau tempat tinggal disitu. Salah satu objek lukisan yang sering dituangkan kedalam kanvas oleh para seniman adalah Bali Dancer atau tarian Bali yang kita kenal Tari Legong.

Tari Legong sendiri dalam khasanah budaya Bali termasuk ke dalam jenis tari klasik karena awal mula perkembangannya bermula dari istana kerajaan di Bali. Sebagai sebuah tari klasik, tari Legong sangat mengedepankan unsur artistik yang tinggi, gerakan yang sangat dinamis, simetris dan teratur, sehingga tidaklah mengherankan jika banyak para seniman lukis mengabadikannya kedalam kanvas.

Konon Mengenai tentang awal mula diciptakannya tari Legong di Bali adalah melalui proses yang sangat panjang. Menurut Babad Dalem Sukawati, tari Legong tercipta berdasarkan mimpi I Dewa Agung Made Karna, Raja Sukawati yang bertahta tahun 1775-1825 M. Ketika beliau melakukan tapa di Pura Jogan Agung desa Ketewel ( wilayah Sukawati ), beliau bermimpi melihat bidadari sedang menari di surga. Mereka menari dengan menggunakan hiasan kepala yang terbuat dari emas.

Bila ditinjau dari akar katanya, Legong berasal dari kata “ leg “ yang berarti luwes atau elastis dan kata “gong” yang berarti gamelan. Kedua akar kata tersebut bila digabungkan akan berarti gerakan yang sangat diikat ( terutama aksentuasinya ) oleh gamelan yang mengiringinya.

Berikut beberapa karya lukisan dengan objek Tarian bali yang tidak sempat kami uraikan secara detail tentang seniman para pembuatnya, karena pada saat kami menemukan lukisan ini dari berbagai sumber tidak jelas dan kurang valid siapa sebenarnya seniman dari lukisan-lukisan ini (jangan sampai kami keliru).
Read more »

Order Info

Delivery Info